Saturday, July 4, 2015

ARTIKEL BAHASA INDONESIA PENGERTIAN MEMBACA

  BAHASA INDONESIA PENGERTIAN MEMBACA

Pengertian Membaca
Membaca berarti :
(a) melihat  serta memahami isi dari apa yang tertulis, dengan melisankan dalam hati.
(b) mengeja atau melafalkan apa yang tertulis.
Dalam pengertian tersebut,  membaca merupakan  langkah awal untuk memahami suatu tulisan. Kegiatan membaca  tidak sekadar mengeja tulisan saja, tetapi juga menyerap pengertian ke dalam alam pikiran pembaca. Jadi, tujuan membaca adalah upaya pemerkayaan pengetahuan guna pengembangan daya nalar. Hal ini merupakan modal pokok untuk penulisan ilmiah.

Pengertian Membaca Kritis
Membaca kritis adalah kegiatan membaca sumber bacaan dengan cermat dan teliti. Membaca kritis juga dapat diartikan membaca dengan cepat dan tepat untuk mendapatkan berbagai informasi. Di samping itu,  membaca kritis juga dapat diartikan sebagai kegiatan membaca dengan memberikan penilaian terhadap sumber bacaan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa membaca kritis adalah kegiatan membaca sumber bacaan  untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dengan memberikan penilaian atau pertimbangan tertentu terhadap akurasi sumber bacaan yang dilakukan dengan cepat, tepat, dan teliti.

Ragam Membaca Kritis 
Membaca Cepat
Membaca cepat sangat dibutuhkan oleh seorang penulis terlebih ketika harus menjelaskan berbagai konsep teori, pendapat pakar, hasil-hasil penelitian, dan informasi aktual lain dari berbagai sumber bacaan yang akan dipakai untuk mendukung karya ilmiahnya, sedangkan penulis hanya mempunyai kesempatan menulis yang terbatas. Oleh karena itu, teknis membaca cepat/ sekilas harus dikuasai dan dilakukan seorang penulis untuk memecahkan persoalan yang sedang dihadapinya.

Membaca Cepat/ Sekilas untuk Menemukan Topik 
Teknik membaca cepat/ sekilas dapat dilakukan dengan cara mencari topik-topik utama dari sumber bacaan. Teknis membaca ini dapat dilakukan dengan melihat kalimat-kalimat utama paragraf pada sumber bacaan, sehingga tidak perlu memfokuskan perhatian pada bagian-bagian tertentu yang lebih spesifik.

Membaca Cepat untuk Menemukan Informasi Khusus 
Untuk menemukan informasi-informasi khusus pada sumber bacaan yang diperlukan tidak perlu kiranya pembaca melihat semua kalimat topik pada sumber bacaan, tetapi ia dapat menemukan informasi khusus itu sesuai dengan keinginannya melalui daftar isi dan indeks sumber bacaan. Dari daftar isi, ia dapat menemukan bab atau subbab tertentu yang dibutuhkannya untuk menulis, sedangkan dari indeks dapat diperoleh informasi tambahan yang sesuai dan relevan dengan informasi yang dibutuhkan, tetapi tidak tersaji dalam bab maupun subbab secara khusus pada sumber bacaan.

Membaca Teliti/ Cermat untuk Menemukan Informasi Rinci 
Teknik membaca cermat atau teliti adalah teknik membaca untuk menemukan sesuatu secara rinci dan detil. Teknik membaca demikian harus dilakukan dengan cermat  dan  teliti pada sumber bacaan sebab teknik ini dilakukan tidak semata-mata untuk memperoleh informasi yang sebanyak-banyaknya dari sumber bacaan, tetapi lebih menekankan pada suatu usaha untuk menemukan informasi-informasi  penting yang dingiinkan pembaca secara terinci. Dengan teknis semacam  itu, sebenarnya pembaca tidak harus membaca semua kalimat topik yang ada dalam sumber bacaan, tetapi dapat memilih pokok bahasan tertentu yang dibutuhkan dan  relevan  sebagai bahan yang akan  digunakan dalam tulisan yang sedang direncanakannya.  

No comments:

Post a Comment